Thursday 30 January 2014

  Sampah. Mungkin Anda merasa jijik atau risih dengan kata tersebut. Akan tetapi, sampah bisa dijadikan sebagai suatu hal yang berguna. Bahkan, pada beberapa tahun terakhir banyak bermunculan bank-bank sampah. Bahkan, mungkin beberapa tahun mendatang akan ada yang menyediakan kredit sampah tanpa agunan. Sampah juga seharusnya tidak diproduksi terlalu banyak. Salah satunya adalah ketika Anda memakan permen karet. Agar permen karet tidak menghasilkan sampah, Anda bisa menelannya. 

  Karakter seseorang juga bisa dilihat dari isi tong sampahnya. Jika di dalamnya terdapat banyak sampah plastik, maka orang tersebut adalah orang yang boros plastik. Jika dalam tong sampahnya terdapat banyak bungkus sabun, maka orang tersebut adalah orang yang boros sabun. Dan, jika dalam tempat sampahnya banyak celana dalam bekas, berarti orang itu adalah kolektor celana dalam. 
  
  Saya juga memiliki pengalaman yang unik dengan sampah. Ketika itu saya dan teman saya sedang membuang sampah di sungai. Saat itu pula, saya melihat sebuah kotak pizza berukuran besar sedang hanyut terseret arus sungai. Ketika melihat kotak itu dari jauh, saya melihat kotak tersebut masih cukup baik karena tidak terlihat goresan atau penyok di kotak tersebut. Saya lalu mengambilnya karena rasa ingin tahu. Setelah saya berhasil mengambil kotak itu, saya langsung berusaha membuka kotak yang cukup berat itu. Setelah terbuka, saya melihat isi kotak tersebut seperti pizza dalam bentuk yang sudah tidak padat lagi. Warnanya juga tidak seperti pizza, warna dari isi kotak tersebut adalah coklat kehijauan. Meski begitu, bentuknya masih bulat melingkar seperti pizza. Saya lalu mencolek isi kotak tersebut. Setelah itu, saya mencium bau dari Benda asing itu, baunya aneh, seperti pizza yang basi selama 5 hari. Saya langsung mencoba untuk menjilat ujungnya. Namun, teman saya mencegahnya. Karena, penurut pengamatannya, itu bukan pizza yang basi. itu adalah kotoran manusia yang berbentuk mirip sekali dengan pizza. Saya langsung melemparkannya kembali ke sungai. Saya juga merasa heran, bagaimana bisa orang menempatkan kotorannya sendiri ke dalam kotak pizza. Sungguh kurang kerjaan.





  Sampah juga merupakan salah satu penyebab banjir. Agar sampah tidak menimbulkan banjir, berikut beberapa tips yang mungkin bisa Anda gunakan untuk mengatasi problem sampah :

  1. Jangan buang sampah sembarangan agar tidak terjadi banjir
  2. Jika terpaksa membuang sampah sembarangan, jangan membuang sampah di sungai. Karena, itu bisa menjadi penyebab banjir. Buanglah sampah di danau, dengan begitu sungai menjadi tidak tersumbat.
  Itulah  dua tips yang bisa saya bagikan untuk Anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa, buanglah sampah secukupnya, karena sampah adalah tanggung jawab kita semua.

Created by : Basil                                                                          

0 comments:

Post a Comment