Wednesday 14 January 2015

  Dalam data yang dimuat oleh website berita teknologi Torrentfreak, Game of Thrones menjadi serial televisi yang paling banyak diunduh bajakannya di tahun 2013. Sedangkan untuk film bajakan yang paling banyak diunduh adalah The Hobbit: An Unexpected Journey. Film dan serial televisi bajakan memang sangat banyak dicari. Salah satunya karena harganya yang murah. Bayangkan, harga satu keping DVD original film-film Hollywood berkisar antara Rp 135.000-Rp 150.000. Sedangkan DVD bajakan berkisar antara Rp 9.000-10.000. Sangat jauh bukan?

  Saya yakin, hanya orang-orang kaya atau kaum berduit saja yang mampu dan ingin membeli DVD original. Karena, Rp 135.000 itu adalah jumlah yang sangat banyak. Jika uang tersebut dipakai untuk membeli nasi goreng, uang itu cukup untuk membelikan warga satu RT, bahkan bisa sampai warga satu RT diare karena saking banyaknya. Jika dipakai untuk beli es teh, es teh nya bisa diminum oleh warga satu kota sampai semuanya sakit flu karena saking banyaknya es yang dibeli.


  Sedangkan untuk uang Rp 9.000 hanya cukup untuk membeli satu porsi nasi goreng. Itupun nasinya nasi aking, bukan nasi putih yang masih enak. Dan jika dipakai untuk beli es teh, hanya cukup untuk 9 orang. Itupun esnya sangat kecil, bahkan lebih kecil dari upil saya.

  DVD bajakan memang alternatif bagi penggemar film yang berkantong tipis seperti saya. Saya memang tidak akan kuat membeli DVD original karena saya hanya seorang pelajar SMA biasa yang sehari-hari hanya makan sego kucing (kalau tidak tahu sego kucing, silakan cari di google) dan minum air putih, bahkan kalau tidak ada air putih terpaksa minum air aki. Selain itu uang saku saya juga sangat sedikit. Bahkan, kalau sedang tidak punya uang saku, saya pinjam uang ke teman saya yang punya uang. Kalau teman saya yang punya uang itu tidak punya uang, saya pinjam ke temannya teman saya yang punya uang. Kalau temannya teman saya yang punya uang tidak punya uang, terpaksa saya pinjam uang ke temannya temannya teman saya yang punya uang. Kalau temannya temannya teman saya yang punya uang itu juga tidak punya uang, terpaksa saya berhutang ke penjual di kantin. Selain berhutang, saya terkadang juga mengutil makanan ketika pemilik kantin sedang tidak ada.


  Jika memang mampu membeli DVD original, tidak usah beli DVD bajakan. Jika tidak mampu membeli DVD original, jangan membeli DVD original. Dan jangan pula memaksakan diri untuk tetap membelinya. Karena bisa-bisa anda harus berhutang kepada teman Anda yang punya uang hanya untuk sekeping DVD. Dan kalau teman Anda yang punya uang itu sedang tidak punya uang, Anda pasti susah mencari orang yang mau uangnya dipinjamkan. Dan kalau ada yang  tidak mampu membeli DVD bajakan, orang itu pasti sangat miskin. Lebih miskin dari orang yang punya uang tetapi tidak punya uang. 

0 comments:

Post a Comment