Tuesday 17 February 2015

  Bersepeda siang? Anda pasti heran dengan dua kata tersebut. Tetapi, itulah yang terjadi jika Anda membawa sepeda Anda ke bengkel pada siang hari. Anda pasti harus mengayuhnya. Dan saya melakukan itu karena sepeda saya tanpa segaja rusak. Tiba-tiba saja standar sepeda saya lepas. Mungkin standarnya lepas karena ia sudah bosan ada di bawah sepeda saya. Atau mungkin, ia protes karena tidak pernah diperhatikan, sms tidak pernah dibalas, telpon tidak pernah diangkat, chatting selalu diabaikan. Ini standar sepeda atau pacar?

  Karena standar sayalah, saya memiliki pengalaman baru dan tak terlupakan. Yaitu, bersepeda di siang bolong. Sangat jarang melihat orang bersepeda di siang bolong. Selain karena panas, banyak yang takut kulitnya menghitam kalau bersepeda siang-siang. Tetapi, saya tetap tidak takut bersepeda siang. Karena kulit saya sudah hitam kehitam-hitaman. Karena sudah terlalu hitam, kulit saya sudah tak bisa lagi menghitam. Hitamnya sudah sangat mentok.

  Pada hakikatnya, bersepeda di pagi, siang, sore, malam, ataupun dini hari itu tetap sama. Sama-sama bersepeda. Karena tidak mungkin Anda bersepeda tetapi tidak mengendarai sepeda. Kecuali Anda memang tidak bersepeda sehingga tidak mengendarai sepeda yang tidak Anda kendarai.

  Kalau Anda bersepeda pagi, pasti Anda melihat matahari yang masih malu-malu kucing dari kejauhan. Atau mungkin melihat tetesan embun dari bunga bangkai. Anda juga bisa menghirup udara segar di pagi hari. Selain itu, Anda tidak perlu takut kepanasan karena matahari masih belum terang. Kira-kira terangnya masih 2 watt. Anda juga bisa mampir ke tempat-tempat yang hanya dibuka ketika pagi hari saja. Misalnya, ke tempat penjual koran. Anda bisa pula mampir ke restoran-restoran terkenal untuk mendapat menu khusus sarapan yang harganya lebih murah dari menu biasa. Bahkan, ketika sarapan, Anda bisa sarapan sambil melihat orang lain sarapan sehingga ketika sarapan Anda bisa melihat orang sarapan yang sedang sarapan.

Saya setelah besepeda siang

  Jika Anda bersepeda siang, jangan harap Anda mendapat pengalaman yang sama ketika Anda bersepeda pagi. Bersepeda siang hari jauh lebih berat dan menguras tenaga. Dan menguras tenaga jauh lebih susah daripada menguras kamar mandi karena menguras kamar mandi butuh tenaga. Selain panasnya cuaca, Anda harus berhadapan dengan asap dan jumlah kendaraan bermotor yang jumlahnya sekarang jauh lebih banyak daripada populasi kutu di dunia ini. Anda juga pasti berhadapan dengan macetnya jalanan di siang hari. Dan itu sangat melelahkan. Ketika terjebak macet, saya bisa mengendarai sepeda sambil main bulu tangkis, atau sambil main monopoli, bahkan bisa main bulu tangkis di dalam monopoli.


  Saya memiliki beberapa tips untuk Anda yang ingin mencoba bersepeda siang. Tips pertama, bersepedalah menggunakan sepeda. Karena tanpa sepeda, Anda tidak bisa bersepeda. Tips kedua, jika Anda ingin bersepeda di siang hari, pastikan Anda bersepeda di waktu siang. Jangan bersepeda siang di waktu malam hari. Karena bersepeda siang hanya bisa dilakukan ketika siang hari. Tips ketiga, patuhi rambu lalu lintas, jangan lupa memakai helm untuk keselamatan Anda. 

0 comments:

Post a Comment